Monday 4 June 2012

[KU Report] K-Style Makeover Event by Korean Cultural Center Indonesia

Masih dalam perayaan ulang tahun ke-1 Korean Cultural Center Indonesia, hari ini berlangsung event “K-Style Makeover” yang bertempat di Multifunction Hall KCCI. Event yang diadakan secara gratis ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta, baik yang sudah mendaftar sebelumnya maupun yang datang langsung.
Acara dimulai dengan sesi tanya jawab. Peserta dipersilahkan untuk bertanya seputar masalah tata rambut (hairstyle) ala korea kepada Mr. Lyon Jung atau biasa dipanggil Lyon Jung Seonsaengnim. (T/N: ”Seonsaengnim” adalah panggilan untuk Guru atau orang yang ahli dalam bidang tertentu)

Kesempatan ini pun dimanfaatkan baik oleh para peserta dengan begitu antusiasnya satu per satu mengajukan pertanyaan seputar tata rambut ala korea .

Berikut rangkuman beberapa tips dan jawaban-jawaban yang diberikan oleh Lyon Jung Seonsaengnim berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan para peserta:
1. Alat (bahan) make-up utama yang harus dimiliki oleh orang Korea.
Menurut beliau, mayoritas orang korea harus memiliki dan menggunakan 3 alat (bahan) make-up utama setiap harinya apapun kegiatannya; BB Cream, Face Powder & Lipgloss (yang berkilau/sparkling). Baik pria maupun wanita pasti memiliki dan menggunakan BB Cream setiap harinya. Diluar itu, eyeliner adalah salah satu yang pasti digunakan oleh orang Korea, namun mereka jarang sekali menggunakan Eyeshadow.
Lalu, muncul pertanyaan, mengapa make-up orang Korea kelihatan alami, seperti tidak memakai apapun padahal setiap hari mereka sebenarnya menggunakan BB Cream..? Yang pertama beliau menjelaskan bahwa trik nya adalah pada Face Powder, cukup gunakan bedak bubuk setelah pengaplikasian BB Cream. Selain itu, Beliau juga menjelaskan karena Korea adalah negara 4 musim, jadi rata-rata orang Korea memiliki kosmetik untuk digunakan di tiap-tiap musim. Berbeda dengan negara kita yang tropis cenderung ke panas dalam 1 tahun, jika musim panas di Korea maka orang-orang Korea akan menggunakan make-up yang berbeda dari musim lainnya.
Disini beliau menambahkan bahwa sekarang ini akan mau masuk musim panas di Korea, untuk warna-warna make-up seperti eyeliner pun cenderung ke warna-warna seperti biru, merah, warna-warna yang berkesan kuat.
2. Warna Rambut
Kebanyakan orang Indonesia memiliki warna kulit yang gelap dan rambut hitam. Dengan cuaca Indonesia yang cenderung panas setiap harinya maka hal tersebut membuat diri kita terlihat kusam.Kalau pun mewarnai rambut, orang Indonesia cenderung memilih warna-warna seperti merah, coklat, dan sejenisnya. Beliau menyarankan agar dapat memilih warna-warna yang lebih terang 1 sampai 2 tone untuk membuat wajah semakin cerah dan bersinar dan sangat mengajurkan agar tidak menggunakan warna merah karena warna merah akan membuat kesan semakin panas.

Beliau menyebutkan bahwa warna merah cocok sekali untuk orang-orang yang hidup di negara-negara dingin seperti Rusia.
3. Tips untuk perawatan wajah berjerawat
Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para peserta, Lyon Jung Seonsaengnim juga memberikan beberapa tips, diantaranya untuk kulit berjerawat.
Karena cuaca di Indonesia cenderung panas dan terkadang pola makan yang tidak baik, banyak yang memiliki masalah jerawat. Untuk itu, beliau menganjurkan agar menggunakan masker Aloe (lidah buaya) untuk perawatan dari luar. Caranya sederhana, ambil sebatang lidah buaya, ambil isinya, dinginkan di dalam lemari es dan gunakan tiap malam sebelum tidur sebagai masker. Dengan perawatan seperti ini kulit wajah akan menjadi semakin segar.

Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan demo penataan rambut oleh Lyon Jung Seonsaengnim. Saat ini model tatanan rambut yang sedang trend di korea adalah “Natural Wave”.  Pada sesi ini beliau mengajarkan bagaimana membuat gaya rambut “Natural Wave” sendiri tanpa harus ke salon. Cukup dengan sebuah catok, maka dengan cepat dan mudahnya rambut kita dapat berubah menjadi seperti SNSD Yoona, Han Ye Seul, Wonder Girl’s Sohee dan lainnya.





Setelah mendapatkan tips dan trik mengenai tatanan rambut ala Korea, acara dilanjutkan dengan Demo Make-up ala Kpop style dari Etude House.
Pada demo tersebut para peserta diperlihatkan bagaimana mengaplikasikan make-up yang tepat agar tetap terlihat natural namun terlihat gaya. Dengan menyesuaikan jenis dan warna kulit orang Indonesia pada umumnya, Etude House memperlihatkan bahwa kita pun bisa tampil gaya seperti idola Kpop. Untuk demo make-up ini dengan sangat menyesal tidak dapat direkam karena baterai kamera mendadak kosong..-__-
Acara ini berlangsung selama lebih dari 2 jam. Disponsori oleh Etude House Indonesia, setiap peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti event ini masing-masing mendapatkan goodie bag lucu dari Etude House yang berisikan beberapa produk dari Etude House serta voucher belanja dan Gift Card dari Queen Dom Salon senilai ratusan ribu rupiah.
Masih dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-1 Korean Cultural Center Indonesia, masih akan ada event-event menarik lainnya di bulan Juni ini. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek langsung ke website KCCI: http://id.korean-culture.org


1 comment:

  1. Very nice аrticle, just what I was loоκing for.


    my website :: payday loans

    ReplyDelete